GROSIR PULSA ELEKTRIC MULTI OPERATOR TERMURAH DAN TERPERCAYA, BUKTIKAN SENDIRI

Kata Kunci Al Quran

Apa misi kerasulan Muhammad saw? Bagaimana caranya agar misi ini bisa tersosialisasi dan menjadi bagian dari masyarakat?

Misi kerasulan Muhammad saw terungkap secara eksplisit menjadi rahmat bagi alam semesta. Sesuai dengan yang tertera dalam surat Al Anbiya/21:107,’Dan tidaklah Kami utus engkau (Muhammad) kecuali sebagai rahmat untuk alam semesta‘. Rasulullah saw telah menyampaikan dan memperagakan misi ini pada masanya, selanjutnya menjadi tugas kaum muslimin untuk melnjutkannya.

Beberapa petunjuk berikut ini perlu dilakukan untuk melanggengkan misi kerasulan Muhammad saw:

a. Memulai dakwah dengan akhlaq rahman dan rahim

Setiap muslim memiliki frekuensi yang tinggi melafalkan kalimat basmalah ’bismillahir rahmanir rahim’ (Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih (lagi) Maha Penyayang). Namun sangat sedikit kaum muslimin yang memperagakan akhlaq Allah (Pengasih dan Penyayang) ini dalam kehidupan keseharian.

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang – orang yang bersamanya adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka… (Al Fath/48:29) Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar tentulah mereka menjauh dari sekelilingmu… (Ali Imran/3:159).

Ayat ini menjadi panduan bagi kaum muslimin (para dai khususnya) agar kehadirannya menjadi sosok yang menyejukkan di kalangan kaum muslimin lainnya, bukannya membawa bencana.

b. Perhatian terhadap (merahmati) mad’u

Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasih lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin (At Taubah/9:128) Barang siapa tidak berkasihsayang, maka dia tidak akan diberi kasih sayang (Muttafaq ‘alaihi).

Jika kita ingin mengajak orang agar berkasihsayang, maka mereka harus merasakan bagaimana kita menebarkan kasih sayang. Sebab apa yang mereka rasakan dari perbuatan kita lebih membekas dari apa yang mereka dengar dari perkataan kita. Artinya walaupun kita mengajak kepada kasih sayang, namun perilaku kita membawa bencana, maka bencanalah yang mereka tangkap dari kita

c. Cara menebar rahmat

Kasih sayang akan dapat tertebar secara efektif, jika dilakukan dengan ikhlash dan memohon pertolongan kepada Allah. Kepada-Mu kami mengabdi dan kepada-Mu kami mohon pertolongan (Al Fatihah/1:4)

d. Mengikuti jalan orang yang Allah diberi nikmat

Penebar kasih sayang yang telah berhasil melakukannya adalah para nabi, shiddiqin, syuhada, dan orang orang yang shalih. Maka menempuh jalan mereka merupakan upaya yang efektif untuk meniru keberhasilannya,’Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang orang yang telah Engkau beri nikmat atas mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan pula (jalan) mereka yang sesat’(Al Fatihah/1:6-7)